Posts

Showing posts from 2015

Belajar setting DHCP POOL dan RIP pada CISCO PACKET TRACER

Image
Hay guys, selamat pagi selamat berhari rabu. Nggak terasa ya kita udah hampir di penghujung tahun 2015. Sedikit berbagi tutor nie guys buat akhir tahunan, moga2 manfaat buat semua.
Kalian tahu nggak apa itu DHCP POOL dan RIP? 
Kalau belum tahu menurut vickryshare.blogspot.co.id, DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan sebuah server untuk memberikan IP Address secara dinamik kepada client. Server yang melakukan tugas memberikan IP address kepada client disebut dengan DHCP server, sedangkan komputer yang menerima IP address secara dinamik dari DHCP server disebut client. Sedangkan DHCP POOL menurut jaringankomputer.org adalah pendistribusian alamat yang diizinkan kepada client oleh dhcp server.
RIP menurut alditob2000.wordpress.comadalah protokol routing dinamik yang berbasis distance vector. RIP menggunakan protokol UDP pada port 520 untuk mengirimkan informasi routing antar router.
Jadi kesimpulannya DHCP POOL merupakan pembagian alamat IP s…

Contoh RPP Sistem Operasi Jaringan

Malem sobat adventura, ceritanya kemarin adik tingkat ane minta tolong buat minta contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Nah berhubung ane udah selesai ujian PPL dan ada beberapa revisi dikitlah akhirnya ane memutuskan untuk menshare RPP ane yang udah fix.

Tapi sebelumnya RPP itu apa sih?

"Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema …

Yuk belajar CRM

Image
Hai - hai sobat adventura, balik lagi bersama ane disini mau share tentang tutorial espo crm. Sebelumnya kita harus tau dulu, apasih itu CRM? Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu bentuk aplikasi Teknologi Informasi (TI) di departemen penjualan atau marketing suatu perusahaan. Untuk lebih jelasnya pengertian CRM itu apa, bisa langsung meluncur ke link ini.

Sejarah ESPO CRM
1.EspoCRM 1.1.0 released pada tanggal 6 Juni 2014 2.EspoCRM 1.2.0 released pada tanggal 13 Juni 2014 3.EspoCRM 2.0.0 released pada tanggal 18 Juli 2014 4.EspoCRM 2.1.0 released pada tanggal 25 Juli 2014 5.EspoCRM 2.2.0 released pada tanggal 1 Agustus 2014 6.EspoCRM 2.3.0 released pada tanggal 8 Agustus 2014 7.EspoCRM 2.4.0 released pada tanggal 15 Agustus 2014 8.EspoCRM 2.5.0 released pada tanggal 5 September 2014 9.EspoCRM 2.6.0 released pada tanggal 10 Oktober 2014 10.EspoCRM 2.7.0 released pada tanggal 12 November 2014 11.EspoCRM 2.8.0 released pada tanggal 18 Desember 2014 12.EspoCRM 2.9.0 rele…

Gagal Install Sistem Operasi di Virtual Box - This Kernel Requires the following features not present on the CPU:PAE

Image
Hai sobat adventura, lama kita tidak berjumpa, hehehehe...
Jadi ceritanya gini sob, murid ane nginstal Ubuntu 12.04 tapi muncul warning beginian

Nah, akhirnya ane menemukan solusinya dengan cara kayak video ini
Thanks banget buat yang udah uploadtin video ini, dan akhir kata, selamat pagi semua.
Salam adventura...

Contoh Free Software dan Open Source Terbaik

Hai - hai sobat adventura, ketemu lagi bareng ane di blog paling keren and kece ini. Masih ngelanjutin yang kemaren tentang macam - macam lisensi pada open source software. Nah sekarang kita akan bahas mengenai contohnya nie gan....

Browser
Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya. Contohnya Mozila, Opera dan Chrome. Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (baground) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau keti…

Macam - Macam Lisensi pada Open Source Software

Image
Hai - hai sobat adventura.
Yeeeiiii.... akhirnya ketemu lagi setelang lama kita tidak bertemu :D

Nah hari ini ane masih mau nglanjutin postingan ane yang terkait tentang FOSS (Free Open Source System) dari lanjutan yang ini nie Bedanya Open Source Software dengan Free Software.

Sekarang kita akan bahas beberapa lisensi yang ada di dalam open source...
Seringnya, ketika kita menginstal sesuatu muncul seperti ini (gambar dibawah merupakan lisensi dari MS OFFICE 2013)


Biasanya, apa yang kita lakukan? Langsung di click accept dan next kan? Padahal sang pembuat software/system operasi selalu menyisipkan lisensi ini agar kita baca SYARAT DAN KETENTUAN dari produk tersebut, kadang didalamnya juga berisi hak cipta dan pelarangan pembajakkan. Namun karena kita kurang peduli jadi, next - next aja deh.

So, ini nie yang namanya lisensi dan mereka terbagi menjadi beberapa seperti berikut ini

GNU General Public Licence (disingkat GNU GPL atau cukup GPL, dalam bahasa indonesia diterjemahkan menjadi l…

Bedanya Open Source Software dengan Free Software

Hai - hai sobat adventura yang unyu - unyu....
Balik lagi dengan ane nie, marndut, yang bakalan nemenin kalian dan sedikit berbagi ilmu tentang Open Source Software dengan Free Software. Apasih bedanya? Yuk, cekibrot disini...

OPEN SOURCE

Open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan source code yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola open source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program open source dan telah menerima sebuah manfaat, kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
Pola open source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa ya…

Aturan Pembuatan Laporan Praktek Industri PTIK

Hai - hai sobat adventura, kembali lagi bersama ane di infoptik. Nah kemaren ane udah post soal Laporan Seminar Praktik Industri PTIK. Sebelum membuat laporan praktek industri, ente harus tau dulu aturannya..

Silakan didownload ya sob...

DOWNLOAD
Nah monggo aja sob, download.... Siapa tau ente langsung dapet pencerahan dan setau ane nie, buat seminar praktek industri hanya berlaku setahun, jadi kalo udah kelewat setaun dan ente belum seminar, yaudah deh... Ente harus ngulang PI lagi, so.... buruan dikerjain dan selamat mengerjakan :D

Laporan Seminar Praktik Industri PTIK

Image
Hai - hai sobat adventura....
Kemarin kan kita udah bahas soal Proposal Praktek Industri Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS, nah saatnya buat lanjutin.

Bentar lagi dedek2 gemes ane yang duduk di semester IV akan melanjutkan PInya sob, nah daripada ente bingung nanti disana ngapain, ane mau berbagi sedikit mengenai laporan praktek industri yang udah ane buat dengan penuh jiwa raga.

Ini bro laporan ane, silakan download yak :D

DOWNLOAD
Note : Silakan menyesuaikan tata tulis laporan dengan tata tulis skripsi (DOWNLOAD TATA TULIS SKRIPSI FKIP UNS 2016)


Nah ada beberapa tips yang pengen ane kasih tau ketika ente magang Adaptasilah secepat mungkin dengan orang2 yang bekerja disana.Cari beberapa masalah mendasar pada tempat industri ente, diutamakan masalah yang berkaitan dengan TInya, kalo gx dapet bisa diambil dari managementnya.Buat peta konsep mengenai apa yang akan ente laporkan yang paling mendasar adalah judul laporan, jangan sampe ente keluar dari sana, ente belum nglakuin a…

Grabing Hot Treads pada Kaskus.com

Image
Hai sobat adventura, pa kabar semuanya nih? Baik - baik saja kan? Kali ini ane, yang biasa pantengin kaskus mau sedikit berbagi ilmu ane tentang ngegrabing Hot treads di kaskus. Sembelum entu, grabing apaan sih? Ada yang pada tau kagak?

Grabing itu artinya mengambil data dari situs lain. Bisa data apa saja, misal video, teks, dan hal - hal yang kita inginkan dari sana. Nah kalo kali ini ane mau ngambil data teks hot treads kaskus. Ya, buat belajar - belajar dulu lah. Besok yang advance kapan - kapan ya, hehehe....

untuk sourcenya seperti ini, simpan dengan nama grabing.php

<?php

// menambahkan simple html dom
include "simple_html_dom.php";

//koneksi ke database
mysql_connect("localhost","root","","");
mysql_select_db("kaskus");

//grabingnya
$html = file_get_html('http://www.kaskus.co.id/');
foreach($html->find('.list-top-thread li a') as $teks)
{
//memasukkan data ke database
$masukindatabase="insert …

Proposal Praktek Industri Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS

Hai - hai, sobat adventura...
Lama tak bersua, kangen kalian nih.
Hehehehe.... sebelumnya pengen sedikit curhat nih, entah kenapa kok perasaan ane nggak enak mulu daripada makin nggak enak. Mending buat sesuatu yang berguna geto, iya nggak gan?

Nah kali ini ane mau share mengenai proposal praktek industri dari prodi ane, yaitu prodi pendidikan Teknik nformatika dan komputer. Sebelum ente masuk ke sebuah perusahaan, apalagi perusahaan terkemuka, ada baiknya kalo ente persiapkan diri ente dulu dengan membuat proposal. Namanya juga proposal, berarti isinya lamaran ente ke perusahaan itu.

Kalo ane dulu sih, nggak cuma berhenti di proposal, tapi juga masih lanjut ke tahap wawancara. So, siapin diri kalian aja. Dunia industri itu tidak seseram yang dibayangkan kok. Hanya lebih tegas dari bangku kuliah yang biasanya kalian duduki sehari - hari itu bray.

Dalam proposal ini masih ada beberapa yang harus diedit, yang vital menurut ane sih soal tujuan ente magang di tempat itu. Itu nanti yang ba…

Scrolling dengan Flash CS 6 AS 3.0

Image
Hai sobat adventura, hari ini gue mau berbagi sedikit tutorial mengenai game scrolling yang udah gue buat, macem ini
Nah, memang masih cupu sih, karena perlu sedikit perombakan lagi grafisnya, hehehe... Namanya juga coba - coba. Gue, matur thank you banget sama yang udah nyediaan video tutorialnya di youtube, dan sobat bisa ikutin step demi stepnya, mudah banget kok dan disana tersedia juga penjelasannya, cuma bahasa inggris.

Ini dia videonya




Nah ente ikutin aja sob, buat lebih mudahnya silakan download sourcenya dimari
DOWNLOAD
Sekian dulu ya sobat adventura, met ketemu besok lagi....

Tutorial Installing Delphi 7

Image
Hei - hei sobat adventura, karena ada request yang banyak hari ini tentang cara instal Delphi 7 di prodi ane, jadi ane tuliskan aja dimari, sama ane sekalian minta maaf tadi belum bisa nginstallin beberapa delphi punya adek tingkat ane, maaf yak...
Cus langsung aja:

Step 1
extrak dulu instalernya bisa menggunakan software untuk mengextraknya seperti daemon tools, double click D7_ENT_CD1 lalu akan muncul seperti ini dan instal seperti biasanya
 anda tinggal menekan NEXT sampai selesai, kemudian jika dimintai keygen silakan copy paste saja keygen pada folder keygen di D7_ENT_CD1 kemudian next.  Step 2: Silakan cari folder Bin pada C:\Program Files (x86)\Borland\Delphi7 kemudian klik kanan pilih properties dan edit, lalu pilih full control kemudian klik aply lalu oke. Step 3: Bukalah folder Bin kemudian pilih delphi32, klik kanan dan pilih Compatibility kemudian centang Run this program as an administrator, pilih aply dan ok. Step 4: Ubah DELPHI32.DRO masih pada folder bin tadi menjadi DELPH…

E-Learning adalah...

Image
Hai sobat adventura selamat pagi, dihari yang cerah ini gue bakalan bahas mengenai learning manajement system. Masih ada kaitannya sama postingan yang sebelumnya yaitu mengenai Apa itu Claroline and Instalasi Claroline Hingga Pemanfaatanya Menggunakan Localhost

Nah kemaren kan ane jalan sama adek ane makan gitu ceritanya. Eh, dia tanya kak punya LMS yang belum pernah dipake nggak?
La kenapa dek, emang punyaku nggak boleh to?
Ndak kak, ini lo yang nggak boleh.
Terus dia tunjukin, langsung gue kaget. Itu aja gue nyari sambil keringet dingin baru dapet e, hahaha.

Oke lanjut pembahasan ada beberapa macem LMS (Learning Management System) yang biasa kita kenal. Ada yang bisa kita instal dan bisa kita otak - atik sourcenya ada juga yang macem jejaring sosial.

Nah LMS bisa termasuk Asinkron ataupun Sinkron, kenapa demikian karena LMS dapat digunakan secara realtime, misal chat atau forum grup, ini yang disebut Sinkron. Selain itu ada beberapa penundaan tugas maupun quis, karena tidak bersifat…

Tips and Trick Editing Blog Sederhana buat Pemula

Image
Hai sobat adventura, dikala malam dan dingin ini, gue mau berbagi sedikit tips dan trick sederhana yang gue dapetin dari beberapa blog tetangga sob, bagi yang punya blog maaf ya ane lupa alamatnya buat beberpa blog, hehehehe...
1. Menambahkan Favicon pada blog Untuk menambahkan favicon caranya sederhana sob, masuk aja ke template kemudian edit html kemudian coba cari </head> setelah ketemu letakkan kode dibawah ini diatasnya
<link href='http://iconogen.com/images/computer.png' rel='icon' type='image/x-icon'/> Selanjutnya ubahlah link berwarna merah tersebut dengan link icon teman2 kemudian simpan, mudah kan???

2. Menambahkan tempat untuk Source Code
Walaupun masih terbilang cupu sie, karena cuma border doang tapi, uhuk kalo yang belum tau bisa dicopas sourcenya ini, nempatinya pas dibagian HTML yang ada disamping compose itu ya, kalo bingung bisa tanya aja sob di koment.
<div style="background-color: white; border: 3px #1780dd Groove; paddin…

Kisah Pengusaha Muda yang Keren dan Perlu dicoba

Image
Hai sobat adventura hari ini saya ingin berbagi cerita mengenai beberapa kisah inspiratif yang menginspirasi saya. Ada banyak kisah sobat seperti kisah Steve Jobs dan Merry Rianna.
Kedua pengusaha yang sukses saat muda tersebut mengalami jatuh bangun yang luar biasa, namun mereka mampu mengubah takdir mereka menjadi pengusaha yang hebat. Berikut Kisahnya...

1. Steve Jobs

sumber foto : http://i.forbesimg.com/images/channels/channel_3_section_110_panel1_0_fullsize-1349183829.jpg

Steve Jobs terlahir dengan nama Steven Paul Jobs, lahir di San Fransisko tanggal 24 Februari 1955. Dia adalah sesosok pemuda yang tak pernah menyerah di masa mudanya. Kita cukup beruntung memiliki orang tua kandung yang merawat kita, namun Steve kecil tak seberuntung kita. Ia terlahir karena kecelakaan dari kedua orang tuannya yaitu Joanne Schieble dan Abdulfattah Jandali. Kedua orangtuanya tergolong dari keluarga yang tidak mampu, namun mereka ingin anaknya menjadi seorang sarjana.
Setelah sekian lama, pada akhi…

Beberapa Hal yang Lo Wajib Tau dari PTIK? Part 2

Image
Hei hei hei.... balik lagi bersama gue disini seneng rasanya bisa berjumpa bareng temen2 semua.
Kali ini gue akan membahas mengenai kelanjutan dari Beberapa Hal yang lo Wajib Tau dari Ptik.
Nah lansung aja yuk cekibrot...

1. Organisasi yang Seru
Di Prodi Pendidikan teknik informatika dan komputer ada sebuah organisasi khusus mahasiswa yang bernama MIKROPTIK atau mahasiswa inovatif dan kreatif organisator pendidikan teknik informatika dan komputer and sekarang udah angkatan ketiga lo yang disahkan pada tanggal 28 JANUARI 2013. Untuk ketua yang pertama ada Ilham, selanjutnya Ahimaul dan sekarang Ibrahim dibantu oleh ketua divisi dan pengurus yang lain tentunya.
Kalo kamu waktu ondesk pernah liat kakak - kakak yang bawa kayak gini Nah berarti mereka pasukan dari Mikroptik, cuss kejer aja mereka dan kamu akan dibawa ke stand seperti ini guys, dapet makan lagi kaya yang udah tak ceritain sebelumnya. Sorry gue narsis, wkwkwkwk.... Ngomong2 gue yang nggak pake almamater, bukan karena nggak ta…

Menambahkan Facebook Like Box pada Blog

Image
Hai sahabat adventura, dikala malam ditemani oleh sobat, Muhammad faisal disini, ane ngeblogging gan. Ane mencoba memasang Facebook Like Box pada Right Sidebar seperti ini
Ternyata caranya susah2 mudah, soalnya saya baru pertama kali ni gan masang begini.
Nah begini caranya.

LANGKAH 1:
Pasanglah widget pada template agan pilih ke menu tata letak
Kemudian tambahkan gadget facebook pada sidebar
Setelah itu pilih HTML / Java script
 Maka akan muncul seperti ini
Judulnya diisi Facebook, kemudian kontennya biarkan blank dulu, gambar itu sudah ada karena saya sudah melakukan registrasi via facebooknya dan simpan.

Langkah ke 2:
Masuklah ke
https://developers.facebook.com/docs/plugins/like-box-for-pages?locale=id_ID
Ubahlah pada yang saya hightligter menjadi alamat url fanspage sobat
Cara mendapatkan alamat urlnya dengan masuk ke page facebook sobat kemudian pilih pengaturan dan pilih seluler, maka akan muncul seperti ini
Kemudian pilih Dengan Web Seluler dan klik http:// facebook.com/username …