Bedanya Open Source Software dengan Free Software

Hai - hai sobat adventura yang unyu - unyu....
Balik lagi dengan ane nie, marndut, yang bakalan nemenin kalian dan sedikit berbagi ilmu tentang Open Source Software dengan Free Software. Apasih bedanya? Yuk, cekibrot disini...

OPEN SOURCE

Open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan source code yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola open source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program open source dan telah menerima sebuah manfaat, kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Pola open source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak - atik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Open source software adalah jenis perangkat lunak yang source codenya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh suatu paguyuban terbuka yang bertujuan untuk mengembangkan software tersebut. Anggota - anggota paguyuban itu seringkali sukarela, tapi bisa juga pegawai suatu perusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak itu. Produk software yang dihasilkan ini biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu.

FREE SOFTWARE

Free software adalah software yang diedarkan secara gratis tanpa membayar lisensi dan hak cipta. Biasanya software ini banyak beredar di internet dan dapat di download dimana saja. Walaupun free software namun software yang dikembangkan bukanlah software yang tidak berguna, namun kebanyakan software yang digratiskan adalah software - software umum yang sering dipakai oleh masyarakat, seperti pemutar musik dan pengedit video.

KESIMPULAN

Semua free software adalah open source software, tapi sebaliknya open source software belum tentu free software, tergantung kaidah yang dipakai dalam melisensikan open source software tersebut.

Yuhuu.. jadi begitu dulu ya sob... lanjut besok lagi :D

source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_sumber_terbuka
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka

http://www.organisasi.org/1970/01/penjelasan-pengertian-open-source-software-dan-free-software.html

Comments