Grabing Hot Treads pada Kaskus.com

Hai sobat adventura, pa kabar semuanya nih? Baik - baik saja kan? Kali ini ane, yang biasa pantengin kaskus mau sedikit berbagi ilmu ane tentang ngegrabing Hot treads di kaskus. Sembelum entu, grabing apaan sih? Ada yang pada tau kagak?

Grabing itu artinya mengambil data dari situs lain. Bisa data apa saja, misal video, teks, dan hal - hal yang kita inginkan dari sana. Nah kalo kali ini ane mau ngambil data teks hot treads kaskus. Ya, buat belajar - belajar dulu lah. Besok yang advance kapan - kapan ya, hehehe....

untuk sourcenya seperti ini, simpan dengan nama grabing.php

<?php

// menambahkan simple html dom
include "simple_html_dom.php";

//koneksi ke database
mysql_connect("localhost","root","","");
mysql_select_db("kaskus");

//grabingnya
$html = file_get_html('http://www.kaskus.co.id/');
foreach($html->find('.list-top-thread li a') as $teks)
{
//memasukkan data ke database
$masukindatabase="insert into kaskus values('".$teks->title."')";
mysql_query($masukindatabase);
//membuat teks menjadi hiperlink
echo"<a href='http://www.kaskus.co.id".$teks->href."'>".$teks->title."</a><br/>";
}
?>

Nah ente juga harus nyiapin file dom dulu yang bisa didownload disini


File dom itu berguna sebagai perantara ente buat grabing.

Langkah - langkahnya.

  1. Extrak simple html domnya jadikan satu folder sama skrip ente tadi buat foldernya di htdocs Xampp ente ya.
  2. Buat database dengan nama kaskus dan table kaskus di php myadmin ente.
  3. Buat 1 field beri nama terserah aja misalnya coba, jumlah karakternya 20, tipe datanya varchar.
  4. Buka browser dan jadinya seperti ini


Nama uk1web3 itu nama tempat folder ente nyimpen, jangan lupa diganti menyesuaikan dengan nama folder ente. Nah sekian dulu karena itu belum berbentuk apa - apa, hehehe... besok kita lanjutkan ya...

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Skripsi RND

Contoh Free Software dan Open Source Terbaik

Step by Step Pembuatan Proposal Skripsi sampai Wisuda Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan