Langsung ke konten utama

Contoh Free Software dan Open Source Terbaik

Hai - hai sobat adventura, ketemu lagi bareng ane di blog paling keren and kece ini. Masih ngelanjutin yang kemaren tentang macam - macam lisensi pada open source software. Nah sekarang kita akan bahas mengenai contohnya nie gan....

  1. Browser
    Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya. Contohnya Mozila, Opera dan Chrome.
  2. Antivirus
    Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (baground) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Contohnya Avira Antivir Personal pada windows dan F-Prot Antivirus for Linux Workstation pada Linux.
  3. Office
    Office adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Contohnya openoffice.org
  4. Editor Gambar Bitmap
    Editor gambar bitmap biasanya menggunakan Photoshop namun kini juga dapat menggunakan editor gambar bitmap yang free dan open source yaitu dengan menggunakan GIMP.
  5. Editor Gambar Vektor
    Editor gambar vektor biasanya menggunakan Corel Draw namun jika menginginkan free open source maka menggunakan InkScape.
  6. Media Player
    Media Player fungsinya untuk memainkan video, musik, lagu, file - file audio seperti MP3, WAV, dan sebagainya. Contohnya Winamp dan GeeXbox.
  7. Audio Editor
    Audio Editor merupakan perangkat lunak yang berguna untuk membantu kita untuk mengedit file audio, seperti menambah echo, menggabungkan vokal dengan musik, membuat jingle atau spot iklan radio, dan sebagainya. Contohnya Audiacity.
  8. Video Editor
    Sofware video editor digunakan untuk mengedit video, seperti mempotong dan menggabungkan video, filter, encoding, dan lain - lain. Contohnya Avidemux.
  9. FTP
    FTP adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin antar jaringan. Contohnya Filezilla
  10. Mail Client
    Mail Client adalah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail melalui komputer anda tanpa browser. Contohnya Mozila Thunderbird dan evolution.
  11. Program Kompresi
    Program ini berfungsi untuk memperkecil ukuran file tanpa menghilangkan data.
    Contohnya 7zip, p7zip (LGPL) dan PeaZip (GPL)
  12. Program Download Accelator
    Program ini digunakan untuk mempercepat file downloadtan anda. Contohnya free download manager, Quick downloader, dan DownThem All
Wah ternyata banyak banget ya guys sofware yang gratis, bisa nie dicoba satu - satu, uhuk2.

Source : http://tutorialgratis.net/2009/08/28/daftar-software-gratis-open-source-terbaik/
_______ http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Berkas
_______ http://www.rumahweb.com/tutorial/e-mail-client.html
_______ http://id.wikipedia.org/wiki/Penjelajah_web
_______ http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_antivirus
_______ http://id.wikipedia.org/wiki/Paket_aplikasi_perkantoran

Komentar

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Sekarang makin banyak open source. :D
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas :D
      sekarang makin banyak software open source, ngapain harus bajak2 dan beli mahal2 kalau kita bisa pakai yang gratis dan fitur2nya pun nggak kalah dengan yang berbayar :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam - Macam Lisensi pada Open Source Software

Hai - hai sobat adventura.
Yeeeiiii.... akhirnya ketemu lagi setelang lama kita tidak bertemu :D

Nah hari ini ane masih mau nglanjutin postingan ane yang terkait tentang FOSS (Free Open Source System) dari lanjutan yang ini nie Bedanya Open Source Software dengan Free Software.

Sekarang kita akan bahas beberapa lisensi yang ada di dalam open source...
Seringnya, ketika kita menginstal sesuatu muncul seperti ini (gambar dibawah merupakan lisensi dari MS OFFICE 2013)


Biasanya, apa yang kita lakukan? Langsung di click accept dan next kan? Padahal sang pembuat software/system operasi selalu menyisipkan lisensi ini agar kita baca SYARAT DAN KETENTUAN dari produk tersebut, kadang didalamnya juga berisi hak cipta dan pelarangan pembajakkan. Namun karena kita kurang peduli jadi, next - next aja deh.

So, ini nie yang namanya lisensi dan mereka terbagi menjadi beberapa seperti berikut ini

GNU General Public Licence (disingkat GNU GPL atau cukup GPL, dalam bahasa indonesia diterjemahkan menjadi l…

Gagal Install Sistem Operasi di Virtual Box - This Kernel Requires the following features not present on the CPU:PAE

Hai sobat adventura, lama kita tidak berjumpa, hehehehe...
Jadi ceritanya gini sob, murid ane nginstal Ubuntu 12.04 tapi muncul warning beginian

Nah, akhirnya ane menemukan solusinya dengan cara kayak video ini
Thanks banget buat yang udah uploadtin video ini, dan akhir kata, selamat pagi semua.
Salam adventura...