Friday, April 17, 2015

Grabing Hot Treads pada Kaskus.com

Hai sobat adventura, pa kabar semuanya nih? Baik - baik saja kan? Kali ini ane, yang biasa pantengin kaskus mau sedikit berbagi ilmu ane tentang ngegrabing Hot treads di kaskus. Sembelum entu, grabing apaan sih? Ada yang pada tau kagak?

Grabing itu artinya mengambil data dari situs lain. Bisa data apa saja, misal video, teks, dan hal - hal yang kita inginkan dari sana. Nah kalo kali ini ane mau ngambil data teks hot treads kaskus. Ya, buat belajar - belajar dulu lah. Besok yang advance kapan - kapan ya, hehehe....

untuk sourcenya seperti ini, simpan dengan nama grabing.php

<?php

// menambahkan simple html dom
include "simple_html_dom.php";

//koneksi ke database
mysql_connect("localhost","root","","");
mysql_select_db("kaskus");

//grabingnya
$html = file_get_html('http://www.kaskus.co.id/');
foreach($html->find('.list-top-thread li a') as $teks)
{
//memasukkan data ke database
$masukindatabase="insert into kaskus values('".$teks->title."')";
mysql_query($masukindatabase);
//membuat teks menjadi hiperlink
echo"<a href='http://www.kaskus.co.id".$teks->href."'>".$teks->title."</a><br/>";
}
?>

Nah ente juga harus nyiapin file dom dulu yang bisa didownload disini


File dom itu berguna sebagai perantara ente buat grabing.

Langkah - langkahnya.

  1. Extrak simple html domnya jadikan satu folder sama skrip ente tadi buat foldernya di htdocs Xampp ente ya.
  2. Buat database dengan nama kaskus dan table kaskus di php myadmin ente.
  3. Buat 1 field beri nama terserah aja misalnya coba, jumlah karakternya 20, tipe datanya varchar.
  4. Buka browser dan jadinya seperti ini


Nama uk1web3 itu nama tempat folder ente nyimpen, jangan lupa diganti menyesuaikan dengan nama folder ente. Nah sekian dulu karena itu belum berbentuk apa - apa, hehehe... besok kita lanjutkan ya...

Tuesday, April 14, 2015

Proposal Praktek Industri Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS

Hai - hai, sobat adventura...
Lama tak bersua, kangen kalian nih.
Hehehehe.... sebelumnya pengen sedikit curhat nih, entah kenapa kok perasaan ane nggak enak mulu daripada makin nggak enak. Mending buat sesuatu yang berguna geto, iya nggak gan?

Nah kali ini ane mau share mengenai proposal praktek industri dari prodi ane, yaitu prodi pendidikan Teknik nformatika dan komputer. Sebelum ente masuk ke sebuah perusahaan, apalagi perusahaan terkemuka, ada baiknya kalo ente persiapkan diri ente dulu dengan membuat proposal. Namanya juga proposal, berarti isinya lamaran ente ke perusahaan itu.

Kalo ane dulu sih, nggak cuma berhenti di proposal, tapi juga masih lanjut ke tahap wawancara. So, siapin diri kalian aja. Dunia industri itu tidak seseram yang dibayangkan kok. Hanya lebih tegas dari bangku kuliah yang biasanya kalian duduki sehari - hari itu bray.

Dalam proposal ini masih ada beberapa yang harus diedit, yang vital menurut ane sih soal tujuan ente magang di tempat itu. Itu nanti yang bakal jadi incaran dari hrd tempat kerja ente, ente bisa apa? Yap, bilang aja saya sedikit tau tentang ini, atau itu, tapi saya pengen belajar lebih banyak disini pak/ bu, tergantung siapa yang wawancara ente.

Nah langsung cekibrot aja ya bro...


Dan sekarang it's time to go home, hehehe... udah malem disini bray jam 22.29 WIB
Bye....

Tata Cara Daftar S2 di UNS

Hello guys, welcome back to my blog.... yeei... Lama tak jumpa kita, biasa anak sibuk, Wkwkwk :D Nah guys kemaren ada yang bilang gini,...