Kisah Pengusaha Muda yang Keren dan Perlu dicoba

Hai sobat adventura hari ini saya ingin berbagi cerita mengenai beberapa kisah inspiratif yang menginspirasi saya. Ada banyak kisah sobat seperti kisah Steve Jobs dan Merry Rianna.

Kedua pengusaha yang sukses saat muda tersebut mengalami jatuh bangun yang luar biasa, namun mereka mampu mengubah takdir mereka menjadi pengusaha yang hebat. Berikut Kisahnya...

1. Steve Jobs

sumber foto : http://i.forbesimg.com/images/channels/channel_3_section_110_panel1_0_fullsize-1349183829.jpg

Steve Jobs terlahir dengan nama Steven Paul Jobs, lahir di San Fransisko tanggal 24 Februari 1955. Dia adalah sesosok pemuda yang tak pernah menyerah di masa mudanya. Kita cukup beruntung memiliki orang tua kandung yang merawat kita, namun Steve kecil tak seberuntung kita. Ia terlahir karena kecelakaan dari kedua orang tuannya yaitu Joanne Schieble dan Abdulfattah Jandali. Kedua orangtuanya tergolong dari keluarga yang tidak mampu, namun mereka ingin anaknya menjadi seorang sarjana.

Setelah sekian lama, pada akhirnya ada yang ingin mengadopsi Steve kecil, namun ibunda kandung steve menolaknya karena yang ingin mengadopsinya bukanlah dari seorang sarjana, ayah angkat Steve tidak pernah lulus dari SMA dan ibu angkatnya tidak pernah lulus dari kuliah, ia takut jika Steve tak bisa dikuliahkan hingga perguruan tinggi.

Namun Schieble akhirnya berubah pikiran karena kedua orangtua angkat Steve berusaha meyakinkannya untuk menguliahkan Steve sampai jenjang Perguruan Tinggi.

17 tahun kemudian, Steve benar - benar berkuliah, namun biaya kuliahnya yang mahal setara dengan Universitas Stanford saat itu dan gaji orangtua angkatnya yang hanya pegawai rendahan membuatnya putus asa saat. Selama 6 bulan ia berkuliah ia tak mendapatkan hasil yang maksimal, justru tabungan kedua orangtuanya habis untuknya berkuliah. Akhirnya dia memutuskan untuk berhenti dari kuliahnya walaupun itu merupakan keputusan yang berat.

Setelah ia memutuskan untuk keluar alias DO, ia bergabung dengan kelas tidak wajib di kampusnya. Dia memilih kelas kaligrafi, namun selama dia mengikuti kelas kaligrafi ia belum menemukan manfaatnya. Setelah 10 tahun berselang ia bertemu dengan teman SMAnya, Steve Woz atau yang lebih dikenal dengan Woz. Ia merupakan seseorang yang ahli elektronika dan semenjak pertemuan mereka, mereka akhirnya memutuskan untuk bekerjasama membuat komputer mac (Machintos) pertama.

Steve jobs mengawali usahanya ketika berumur 20 tahun bersama dengan Woz di garasi tuanya, dengan berbekal dua orang, akhirnya perusahaaannya dapat berkembah dang menghasilkan keuntungan hingga 2 milyar dolar dengan 4000 karyawan, sungguh menakjubkan bukan?

Satu quotes yang menarik dari Steve jobs adalah
“Stay Hungry. Stay Foolish.” (Jangan Pernah Puas. Selalu Merasa Bodoh).
kisah selanjutnya mengenai Steve Jobs dapat dibaca di Kisah Inspiratif Steve Jobs Pendiri Apple

2. Merry Rianna
sumber : https://indonesiaproud.files.wordpress.com/2011/07/buku-merry-riana-di-indonesiaproud-wordpress-com.png

Wanita cantik yang bernama Merry Rianna ini lahir pada tanggal 29 Mei 1980 di Jakarta. Keluarganya hidup sederhana, ia terlahir dari seorang ayah pebisnis dan ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga, dan ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Sebagai anak pertama pastinya memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk keluarga daripada adik - adiknya, betul tidak sobat adventura?

Setelah lulus SMA ia berkeinginan untuk melanjutkan ke Universitas Trisakti dan mengambil fokus pendidikan Teknik Elektro, namun karena keadaan kota jakarta yang memprihatinkan karena kerusuhan tahun 98, akhirnya keluarga Merry memutuskan untuk menyekolahkan Merry ke Singapura, di Singapura Merry melanjutkan kuliah di Nanyang Technological University (NTU) mengambil fokus di jurusan Electrical and Electronics Engineering (EEE).

Banyak halangan dan rintangan yang ditempuhnya, dimulai dari kegagalannya tes bahasa asing dan kendala dana dari orang tuannya. Demi mencukupi kebutuhannya di Singapura, usaha - usaha yang tak terpikirkan oleh kita justru dikerjakannya disana. Tentunya pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang halal, seperti penyebar pamflet, penjaga kios, sampai menjadi pelayan hotel, semuanya dilakukan semata - mata untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disana.

Di ulang tahunnya yang ke 20 ia melakukan sebuah resolusi
Saya membuat resolusi di ulang tahun saya yang ke 20. Saya harus punya kebebasan finansial sebelum usia 30. Dengan kata lain, harus jadi orang sukses. The lowest point in my life membuat saya ingin mewujudkan mimpi tersebut. "Merry Riana"

Di masa mudanya ia memulai untuk berbisnis sendiri, bisnis yang ditekuninya berawal dari berbisnis MLM produk, pembuatan skripsi sampai bisnis saham yang menguras uangnya hingga $ 10.000, namun ia terus bangkit dan bangkit dari kegagalannya sampai ia mencoba bisnis perencanaan keuangan selepas ia kuliah.

Bisnis ini membawanya kedalam peruntungan yang besar, hingga terus berkembang dan akhirnya dia membuka usaha barunya yang benar - benar membuatnya booming, yaitu Merry Rianna Organization (MRO) yang bergerak di bidang pemberdayaan anak - anak dan wanita.

Untuk kisah Merry Rianna selengkapnya dapat dibaca di Merry Rianna Motivator Wanita Sukses dari Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Skripsi RND

Contoh Free Software dan Open Source Terbaik

Step by Step Pembuatan Proposal Skripsi sampai Wisuda Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan