E-Learning adalah...

Hai sobat adventura selamat pagi, dihari yang cerah ini gue bakalan bahas mengenai learning manajement system. Masih ada kaitannya sama postingan yang sebelumnya yaitu mengenai Apa itu Claroline and Instalasi Claroline Hingga Pemanfaatanya Menggunakan Localhost

Nah kemaren kan ane jalan sama adek ane makan gitu ceritanya. Eh, dia tanya kak punya LMS yang belum pernah dipake nggak?
La kenapa dek, emang punyaku nggak boleh to?
Ndak kak, ini lo yang nggak boleh.
Terus dia tunjukin, langsung gue kaget. Itu aja gue nyari sambil keringet dingin baru dapet e, hahaha.

Oke lanjut pembahasan ada beberapa macem LMS (Learning Management System) yang biasa kita kenal. Ada yang bisa kita instal dan bisa kita otak - atik sourcenya ada juga yang macem jejaring sosial.

Nah LMS bisa termasuk Asinkron ataupun Sinkron, kenapa demikian karena LMS dapat digunakan secara realtime, misal chat atau forum grup, ini yang disebut Sinkron. Selain itu ada beberapa penundaan tugas maupun quis, karena tidak bersifat realtime berarti bisa dikatakan beberapa part di LMS merupakan Asinkron, lebih jelasnya search aja di google, banyak kok.

Nah sekarang ane mau memperkenalkan beberapa jenis E-Learning, E-Learning juga masih merupakan bagian dari LMS tapi source maupun kontennya tidak bisa kita ubah - ubah dan kita hanya menjadi penggunanya saja.

1. Edmodo
Ente bisa masuk langsung ke webnya di https://www.edmodo.com/, gue sih pernah pake e-learning ini, penggunaannya gampang banget kok dan semua kontennya dapat dioperasikan dengan baik, mulai dari konten pembuatan tugas, quis and ada juga backpack buat nyimpen tugas ataupun materi kuliah kita. Selain itu kita bisa join class yang udah dibuat sama beberapa teacher dari luar negeri lo.

2. Geschool
Webnya http://www.geschool.net/, gue juga udah pernah pake ini waktu sma, tapi jujur ane lupa. Hahaha, tapi buat registrasinya gampang kok gan bisa langsung ente coba aja. Hehehehe...

3.GoeSmart
 Untuk mendaftar ke dalam e-learning ini ente bisa daftar di http://www.goesmart.com/ di dalamnya ada berbagai konten untuk memudahkan pembelajaran antara siswa dengan teacher seperti G-Messenger yang befungsi untuk chat dan dapat dilakukan dengan smartphone maupun PC dekstop, kemudian K-Store yang berisi konten - konten media pembelajaran digital. Nah yang paling pentin ada latihan soal dan materi. So langsung daftari aja diri kalian kesini.

Itu beberapa e-learning yang bisa dipake sob buat pembelajaran secara PJJ (Pendidikan Jarak Jauh), jaman gini masih tatap muka sama dosen, sekali - kali dong PJJ biar keren, belajar kan nggak harus dikampus tapi bisa dimana aja and kapan aja sob. Tetep semangat and salam adventura.

Comments