Membuat Presentasi dengan FLASH Action Script 3.0

Hai sobat adventura hari ini ane mau share tutorial mengenai flash dengan action script 3.0.
Gini gan ceritanye ane dapet tugas gan beserta temen2 ane seangkatan buat ngebuat profil sesuatu yang disajikan dengan cara presentasi menggunakan flash script 3.0
Nah, karena ane mencari dan mencari ternyata susah juga script 3.0 tapi syukurlah akhirnya ketemu, entah dari youtube, entah dari blog maupun web - web yang lain. Kemudian dulu - dulu banget nie gan, temen ane sebut saja Cobe, pernah bilang ke ane, Mar kalo lo punya pengalaman yang orang lain belum tahu coba share deh, Mar. Nah, karena hal itulah mulai sekarang ane bakalan aktif nie ngeshare beberapa tips n trik. Walaupun masih cupu sie, tapi nggak papalah, siapa tau membantu, hehe....

Ini presentasi yang ane buat mengenai profil SUJU, maaf buat elf semua kalo user interfacenya kurang menarik, ane udah terlalu lelah jadi nggak sempet ngedesain dan mengkonsep dengan baik dan benar. #jujur


Hehe, dan ini scriptnya. Pada button pertama terdapat script untuk menuju ke frame ke dua, sebelumnya untuk action script 3.0 siapkan dulu 2 layer, yang pertama layer untuk scriptnya dan yang kedua untuk objeknya.

stop();

mulai.addEventListener(MouseEvent.CLICK,play1);
function play1(event:MouseEvent)
{
    gotoAndStop(2);
}


stop() ;  -- > Fungsinya untuk menghentikan frame - frame yang belum ingin ditampilkan.

mulai.addEventListener(MouseEvent.CLICK,play1);
function play1(event:MouseEvent)
{
    gotoAndStop(2);
}


 Fungsi dari script diatas adalah untuk menuju ke frame ke dua setelah button tersebut diclick dan berhenti di frame dua saja. Nah, mulai itu nama instance namenya kemudian play1 itu nama buttonnya. Untuk membuat sebuah button caranya buatlah dulu sebuah objek bebas kemudian click kanan pada objek tersebut lalu convert to symbol, lalu pilih button, jangan lupa buttonnya dinamai...

Berikutnya ada script untuk menambah efek snow, bisa dilihat disini


atau ini scriptnya

addEventListener(Event.ENTER_FRAME,HAI);
function HAI (event:Event):void
{
    var scale:Number=Math.random()*.6;
    var s1=new snow1();
    s1.x=Math.random()*640;
    s1.scaleX=scale;
    s1.scaleY=scale;
    var speed:Number=Math.random()*2;
    var RA:Array=new Array(-1,1);
    var lf:int = RA[Math.round(Math.random())];
   
    stage.addChild(s1);
    s1.addEventListener (Event.ENTER_FRAME,snowfall);
    function snowfall (event:Event):void
    {
        s1.y+=speed;
        s1.rotation+=Math.random()*20;
        s1.x+=(Math.random()*2)*lf;
    }
}


Untuk script button next dan previous seperti ini

function lanjut1(e:MouseEvent):void
{
    nextFrame();
}
function sebelumnya3(e:MouseEvent):void
{
    prevFrame();


Nah untuk lebih jelasnya silakan download file flash ane disini ya

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Proposal Skripsi RND

Contoh Free Software dan Open Source Terbaik

Step by Step Pembuatan Proposal Skripsi sampai Wisuda Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan