Tata Cara Daftar S2 di UNS


Hello guys, welcome back to my blog.... yeei... Lama tak jumpa kita, biasa anak sibuk, Wkwkwk :D
Nah guys kemaren ada yang bilang gini, mbak buatin tutorial buat daftar S2 di UNS dong.
Baiklah kalo begitu ya nak, akan kukabulkan permintaanmu, wkwkwk

Jadi ane udah ketrima nih disalah satu prodi S2 di UNS prodinya apa, nanti dulu, wkwkwk di next post deh ane share.

Ada beberapa hal yang teman - teman harus pikirkan sebelum daftar S2 nih, pertama time and money, S2 itu kuliahnya sampe sore jadi lumayan tubrukan sama jam kantor apalagi tugasnya kan? Nah untuk uangnya juga lumayan gede, persemesternya kena anggaran dari 5,5 - 10 juta tergantung prodi apa yang ingin temen - temen ambil. Btw untuk kejelasan ukt silakan buka web ini ya SPMB UNS PASCASARJANA. Kalo masalah duit tenang deh selama masih memenuhi syarat beasiswa ikut beasiswa aja. 

Kalo dari UNS, ada beasiswa UNS syarat utamanya harus cumloade dan mau mensubmitkan jurnalnya di scopus (harus terindex) sebagai syarat tesis, dari beasiswa UNS dapat pembiayaan penuh 4 semester nih guys, kan lumayan tuh, misal eike 7,4 juta berati kan nggak bayar 29,6 juta, tapi ya... itu... buat jurnalnya terindex scopus itu nggak mudah karena scopus merupakan mesin pencari terbesar untuk artikel - artikel ilmiah gitu, kalo biasanya kita searching di google sekarang di scopus lah terus kalo kamu gagal ya kamu wajib mengembalikan biaya semesterannya. Kalo masalah cumloade ane mikir kok mahasiswa sekarang gampang kok buat dapet nilai cumloade tergantung tekun atau nggak gitu aja.
BTW, kalo kamu mau ambil beasiswa harus diinget ambil beasiswa yang akreditasinya sama dengan prodimu dulu atau dibawah prodimu agar kamu diterima.

Langsung aja yah langkah - langkahnya
  1. Kalo udah ada pembukaan di web spmb langsung daftar aja, biasanya untuk pendaftaran S2 itu bulan april dan oktober tiap tahunnya.
  2. Cari - cari dulu info mengenai prodi yang pengen sobat daftar.
  3. Bayar biaya pendaftaran 400k untuk reguler dan 200k untuk beasiswa ke bank mandiri, di spmb uns udah jelas kok itu aturannya dibaca aja webnya
  4. Ikut ujian tulis, soalnya TPA 90 soal 90 menit, dan bahasa inggris 60 soal 90 menit, untuk soalnya nggak sulit cuma yah banyak jebakannya buat TPA sedangkan bahasa inggrisnya kebanyakan reading jadi harus teliti.
  5. Nunggu pengumuman, berdoa saja.
  6. Bayar UKT yang sudah ditentukan.
  7. Registrasi Online
  8. Ondesk 
  9. Selamat kamu resmi jadi mahasiswa S2.
Gitu guys, selamat berjuang ya :D



Comments