Step by Step Pembuatan Proposal Skripsi sampai Wisuda Jurusan Pendidikan Teknik Kejuruan

Hello sahabat adventura hari ini ane mau jelasin step by step menuju wisuda di FKIP terutama di JPTK UNS.

Yuk langsung aja :v
  1. Buat dulu mini proposal buat ngajuain judul skripsi kamu disertai dengan 1 Jurnal internasional, KHS dan KRS semuanya diserahkan ke koordinator skripsi. Setelah semuanya mengajukan judul maka koordinator skripsi akan memploting dosen pembimbing untuk agan/sista. ( khusus PTIK)
  2. Cetak buku konsultasi skripsi (bisa ane buatin dengan ganti biaya cetak 3000 dan bisa di delivery). Buku konsultasi ini berfungsi buat mencatat hasil konsultasi skripsi kamu.
  3. [UPDATE OKTOBER 2017] Untuk beberapa dosen diwajibkan mencari 10 jurnal internasional dan 5 jurnal nasional sebagai refrensi bisa kamu lihat disini. (khusus PTIK)
  4. Mulailah menulis proposal skripsi kamu dari bab 1 - bab 3 beserta instrumentasinya. (Buat kertas HVS bisa juga cetak di ane, :v )
  5. [UPDATE NOVEMBER 2017]Setelah kamu diperbolehkan melakukan seminar proposal silakan melengkapi data peminjaman ruangan, dll --> Download disini
  6. Mintakan ttd untuk seminarmu, sekaligus menyerahkan laporan pi ke perpus jptk.
  7. Sediakan juga minuman, snack untuk dosen dan peserta (biar etis nggak ya gpp), siapkan juga booklet dan tanda tangan untuk peserta dan dosen (bisa cetak di ane buram atau HVS).
  8. Setelah seminar proposal selesai silakan melanjutkan ke bab 4 dan 5 sekaligus merevisi bab sebelumnya dan lakukanlah penelitian sesuai jenis skripsi ente.
  9. [UPDATE OKTOBER 2017]Untuk melakukan penelitian anda diminta mengajukan surat penelitian ke ruang akademik, isi data anda di komputer ruang akademik. (suratnya berasal dari form yang anda download di step 5), selanjutnya ke bagian spmb,  kemudian rektorat, PEMROV (surat untuk pemprov berasal dari akademik FKIP) dan terakhir BAKORWIL daerah gladak untuk rayon solo, registrasi dilakukan secara online, untuk alamat website silakan tanyakan ke akademik FKIP gedung F (apabila diperlukan).
  10. [UPDATE JUNI 2017] Selama menyelesaikan penelitian selesaikan juga pembuatan jurnalmu sesuai dengan IJIE dan konsultasikanlah kepada pembimbingmu sampai selesai revisi. (khusus ptik)
  11. Setelah semuanya selesai (Skripsi dan jurnal) silakan mintakan tanda tangan persetujuan dari dosen pembimbing untuk sidang skripsi.
  12. [UPDATE JUNI 2017] Mintalah pin ke jurusan (pak senen) untuk mencetak keperluan sidang atau langsung minta formnya saja.
  13. [UPDATE JUNI 2017] Siapkanlah foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar(bisa cetak di ane).
  14. Cetaklah skripsimu rangkap 4 untuk penguji (ane menyediakan cetak hvs 70 gr, hvs 80 gr, binder clip gede, map batik juga :v )
  15. Selanjutnya revisilah skripsimu dan jurnalmu (bila belum selesai)!!!
  16. Jika teman2 dinyatakan lulus sebelum masa yudisium khusus semester 9 dan 10 maka bisa mengajukan permohonan pengurangan UKT yg bisa teman2 download disini
  17. Bagi teman2 yang terpaksa menempuh semester 11 dan seterusnya diwajibkan mengajukan surat perpanjangan studi.
  18. Setelah semuanya selesai mintalah pengesahan kepada 4 pengujimu dan cetaklah kembali skripsimu minimal rangkap 4 (bisa di ane juga + hard cover)
  19. Mintalah pengesahan skrisi ke dekan dengan cara, letakkan skripsimu beserta pengesahan dekan di ruang pojok deket pintu masuk gedung F yang ada tumpuk2an skripsi (Kalo bingung tanya satpam). Nah taruh situ aja skripsimu, besok tinggal diambil.
  20. Dihari berikutnya, ambil skripsimu dan cap ttd dekan tersebut di TU gedung F (loket 1).
  21. Clear semua, buatlah cd untuk skripsi rangkap 4 - 5 sesuai kebutuhan. Isinya skripsian + jurnalmu yang sudah disahkan. (bisa buat di ane, tempat + cd + label = 5500)
  22. Untuk RND terdapat tambahan untuk membuat cd tutorial, booklet, dan MMT. (bisa cetak di ane juga gan khusus booklet dan pembuatan cd tutorial) (khusus ptik)
  23. serahkan cd dan hardfile ke dosen pembimbing, admin prodi, perpus jptk.
  24. Selesai sudah, silakan menyerahkan bukti pengesahan skripsi ke koordinator skripsi dan mintakan nilai ujian.
  25. Serahkan nilai ujian ke pak guruh dan mintakan pin portal wisuda, transkrip serta sk yudisium.
  26. Tanda tangankan transkrip nilaimu ke KAPRODI dan PA.
  27. Bawa sk yudisium dan kumpulkan ke bagian akademik. Kalo ada pak munawir tunggu aja, kalo nggak ya ditinggal, besoknya diambil.
  28. Silakan mintakan nomer SK Yudisium ke TU, fotocopilah rangkap 8 dan kembali ke TU untuk di cap.
  29. [UPDATE JUNI 2017] Isilah biodata anda dengan lengkap dan print berkas wisuda di wisuda.fkip.uns.ac.id dengan pin yang berasal dari admin prodi. Untuk form bebas perpus yang anda download tidak dipakai, yang dipakai yang berasal dari digilib.uns.ac.id download bebas perpus, sebelumnya anda sudah mengcopy form bebas perpus yang berasal dari perpus Kampus V UNS pabelan dan tinggalah buku untuk disumbangkan senilai 50.000 (bisa dibawahnya tinggal bilang aja harganya 50k, penting layak).. Sedangkan untuk form E - Journal juga tidak dipakai.
  30. Dari form yang diperoleh dari jurusan ada bebas LAB, mintalah ttd ke kepala lab. (untuk nomer bebas lab kosongi saja).
  31. [UPDATE JANUARI 2019] Silakan anda ke ruang akademik untuk meminta nomer bebas administrasi dan nomer pengesahan skripsi. Jangan lupa minta ttd bu mila untuk pengesahan bebas administrasi.
  32. [UPDATE OKT 2017] Silakan ke kopma untuk mengurus bebas kopma dan membayar administrasi 5k.
  33. Untuk mengurus bebas beasiswa sertakan sk yudisium, spp terakhir, silakan mintakan paraf ke bu lisa di bagian kemahasiswaan (sabar aja orangnya rada hwehehehe...) selanjutnya mintakan ttd pak sapta dengan meninggalkan form bebas beasiswa di resepsionis.
  34. Hari esoknya, silakan ambil berkas bebas beasiswa anda, mintakan nomer ke TU (loket), copy rangkap 5, kemudian mintakan cap di kemahasiswaan dan isi biodata anda di komputer kemahasiswaan.
  35. [UPDATE APRIL 2018 ]silakan mengurus bebas perpus di perpus pusat dengan mengisi form https://digilib.uns.ac.id/bebas, sertakan bebas administrasi dan cd skripsi anda, sesuaikan cover cd anda pada form tersebut, selain itu cdnya ditempatkan pada tempat kotak hitam jangan lupa diberi label, cetak diemotie cuma 7000
  36. selesai, silakan tata berkas anda sesuai dengan persyaratan bendel 1 (jgn lupa ijasah SMA/SMK yg sudah di legalisir dan fotocopy sertifikat eap ) dan  bendel 2.
  37. Verifikasi berkas wisuda anda ke ruang akademik gedung F fkip + foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  38. Setelah terverifikasi silakan anda membayar wisuda 50.000 ke bank btn.
  39. foto copy bukti pembayaran wisuda anda rangkap 2.
  40. kembalilah ke gedung f fkip bagian akademik serahkan berkas bendel 1 + bukti pembayaran ke ruang akademik.
  41. selanjutnya silakan kumpulkan bendel 2 anda ke spmb sertakan fotocopy pembayaran wisuda.
  42. eits belum selesai.... hwehehe....
  43. masuklah ke abstrak.ta.uns.ac.id upload skipsi anda disana
  44. isilah biodata anda secara BENAR, SOALE BUAT IJASAH, di wisuda.uns.ac.id
  45. done tunggu foto anda muncul di portal...
  46. selanjutnya menunggu pengumuman wisuda
  47. Bagi yang ingin mencari SKL sebagai pengganti ijasah sementara dapat di download formnya disini
  48. [UPDATE OKT 2017] Setelah ada pengumuman silakan bayarlah keperluan wisuda anda (toga, dll) sebesar 250k ke rekening yang dituju, setelah ada pengumuman ambilah toga ke BPU (samping LPPM UNS KENTINGAN), jika kamu mau memiliki toganya saat masa pengembalian toga nggak perlu dikembalikan. Nah, kalo pengen balik 250k nya, toganya dibalikin ke BPU. Oya kalo mau dibalikin biar duitnya nggak hangus, toganya jangan diapa2in.


SELAMAT WISUDA

Comments

  1. Replies
    1. desain covernya download dari digilib dek, langsung isi form dari digilibnya

      Delete

Post a Comment