Sunday, July 24, 2016

Contoh Proposal Skripsi RND

Helo sobat adventura, ketemu lagi nie sama ane. Udah lama banget ane nggak nulis. Hari ini ane mau nulis tentang proposal skripsi. Sebelumnya ane mau cerita ada beberapa jenis skripsi yang perlu sobat tau, yaitu Kualitatif, Kuantitatif, RND, dan PTK.

Kualitatif yaitu jenis skripsi yang menggunakan analisis deskriptif. Contohnya riset tentang masalah sosial yang berada di masyarakat sekitar. Jadi kita sebagai peneliti melihat dan mendeskripsikannya dari hasil pengamatan analisa sosial yang kita temui di masyarakat.

Kuantitatif yaitu jenis skripsi yang menggunakan data sebagai sumber penelitiannya, data tersebut biasanya diperoleh dari angket yang selanjutnya diuji apakah valid atau tidak, dari data tersebut maka dapat diungkapkan apakah hipotesa peneliti dengan hasil penelitian sebelumnya mengalami perkembangan, sama atau gagal.

 RND, nah skripsi ane tentang ini gan. BTW, RND ini sebenarnya digunakan untuk penelitian S2 dan untuk S1 hanya diperkenankan sampai dengan uji kelayakan. Untuk model pengembangannya, sobat bisa mengenakan model Sugiyono, dalam model sugiyono hanya sampai ke tahap 5 yaitu validasi desain, atau teman - teman juga dapat memilih model pengembangan yang lain seperti borg n gall, waterfall, atau 4D. Pada Skripsi jenis ini sobat dituntut untuk mengembangkan 2 hal, yaitu kemampuan praktis dan teoritis sobat. Kemampuan praktis digunakan dalam pengembangan aplikasi yang sobat buat dan pengembangan teoritis digunakan untuk memperkuat teori dari aplikasi yang sobat buat. Kalo sobat pake skripsi jenis ini dapet nilai + deh, dan dosen2 ente juga nggak akan mempersulit jalannya sidang. Justru waktu ujian sobat dinanti - nanti oleh dosen penguji, apalagi kalo sobat membuat aplikasi yang pengembangannya berbeda dengan teman - teman yang lain. hehehe...

Selanjutnya PTK, skripsi jenis ini cukup panjang durasinya karena sobat harus menjalani 2 siklus dan menyiapkan keperluan yang lain seperti RPP, Silabus, dan seperangkatnya. Namun PTK juga memiliki nilai plus, karena dapat digunakan teman - teman dalam penelitian selanjutnya untuk menaikkan golongan teman - teman ketika besok jadi guru lo.

Nah kalo ada pertanyaan monggo tanya aja ya gan...

Berikut contoh proposal skripsinya fix dan sudah diseminarkan.


2 comments:

  1. gan, mau nanya nih, btw dulu agan dari jurusan apa ya dan fakultas apa? soalnya proposal saya juga tentang RND. Kebetulan saya belum seminar, jadi temen saya yg udah jalan seminar dia juga RND jenis penelitianya, tapi beberapa dosen ada yang pro dan ada yang akontra, katanya untuk S1 tidak dianjurkan jika penelitanya RND, alasanya S1 kan masih baru belajar menulis, masak disuruh mengembangkan, sedangkan dosen yang pro sama RND bilang katanya untuk S1 boleh kok RND, asalakan tahap" penelitianya di modifikasi menjadi enam tahapan, ngak sampe 10 tahapan kayak S3. jadi menurut agan gimana nih? bantuin solusi dong gan, apakah ada peraturan tertulis bahwa S1 ngk boleh makek penelitian dg jenis RND?

    ReplyDelete
  2. sangat membantu sekali mbak, wkwkwk jujur aku kuliah selama 4th bedain kuanti, kuali, ptk kadang sering lupa. :v

    ReplyDelete

Tata Cara Daftar S2 di UNS

Hello guys, welcome back to my blog.... yeei... Lama tak jumpa kita, biasa anak sibuk, Wkwkwk :D Nah guys kemaren ada yang bilang gini,...