Langsung ke konten utama

Contoh Proposal Skripsi RND

Helo sobat adventura, ketemu lagi nie sama ane. Udah lama banget ane nggak nulis. Hari ini ane mau nulis tentang proposal skripsi. Sebelumnya ane mau cerita ada beberapa jenis skripsi yang perlu sobat tau, yaitu Kualitatif, Kuantitatif, RND, dan PTK.

Kualitatif yaitu jenis skripsi yang menggunakan analisis deskriptif. Contohnya riset tentang masalah sosial yang berada di masyarakat sekitar. Jadi kita sebagai peneliti melihat dan mendeskripsikannya dari hasil pengamatan analisa sosial yang kita temui di masyarakat.

Kuantitatif yaitu jenis skripsi yang menggunakan data sebagai sumber penelitiannya, data tersebut biasanya diperoleh dari angket yang selanjutnya diuji apakah valid atau tidak, dari data tersebut maka dapat diungkapkan apakah hipotesa peneliti dengan hasil penelitian sebelumnya mengalami perkembangan, sama atau gagal.

 RND, nah skripsi ane tentang ini gan. BTW, RND ini sebenarnya digunakan untuk penelitian S2 dan untuk S1 hanya diperkenankan sampai dengan uji kelayakan. Untuk model pengembangannya, sobat bisa mengenakan model Sugiyono, dalam model sugiyono hanya sampai ke tahap 5 yaitu validasi desain, atau teman - teman juga dapat memilih model pengembangan yang lain seperti borg n gall, waterfall, atau 4D. Pada Skripsi jenis ini sobat dituntut untuk mengembangkan 2 hal, yaitu kemampuan praktis dan teoritis sobat. Kemampuan praktis digunakan dalam pengembangan aplikasi yang sobat buat dan pengembangan teoritis digunakan untuk memperkuat teori dari aplikasi yang sobat buat. Kalo sobat pake skripsi jenis ini dapet nilai + deh, dan dosen2 ente juga nggak akan mempersulit jalannya sidang. Justru waktu ujian sobat dinanti - nanti oleh dosen penguji, apalagi kalo sobat membuat aplikasi yang pengembangannya berbeda dengan teman - teman yang lain. hehehe...

Selanjutnya PTK, skripsi jenis ini cukup panjang durasinya karena sobat harus menjalani 2 siklus dan menyiapkan keperluan yang lain seperti RPP, Silabus, dan seperangkatnya. Namun PTK juga memiliki nilai plus, karena dapat digunakan teman - teman dalam penelitian selanjutnya untuk menaikkan golongan teman - teman ketika besok jadi guru lo.

Nah kalo ada pertanyaan monggo tanya aja ya gan...

Berikut contoh proposal skripsinya fix dan sudah diseminarkan.


Komentar

  1. gan, mau nanya nih, btw dulu agan dari jurusan apa ya dan fakultas apa? soalnya proposal saya juga tentang RND. Kebetulan saya belum seminar, jadi temen saya yg udah jalan seminar dia juga RND jenis penelitianya, tapi beberapa dosen ada yang pro dan ada yang akontra, katanya untuk S1 tidak dianjurkan jika penelitanya RND, alasanya S1 kan masih baru belajar menulis, masak disuruh mengembangkan, sedangkan dosen yang pro sama RND bilang katanya untuk S1 boleh kok RND, asalakan tahap" penelitianya di modifikasi menjadi enam tahapan, ngak sampe 10 tahapan kayak S3. jadi menurut agan gimana nih? bantuin solusi dong gan, apakah ada peraturan tertulis bahwa S1 ngk boleh makek penelitian dg jenis RND?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Free Software dan Open Source Terbaik

Hai - hai sobat adventura, ketemu lagi bareng ane di blog paling keren and kece ini. Masih ngelanjutin yang kemaren tentang macam - macam lisensi pada open source software. Nah sekarang kita akan bahas mengenai contohnya nie gan....

Browser
Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya. Contohnya Mozila, Opera dan Chrome. Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (baground) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau keti…

Macam - Macam Lisensi pada Open Source Software

Hai - hai sobat adventura.
Yeeeiiii.... akhirnya ketemu lagi setelang lama kita tidak bertemu :D

Nah hari ini ane masih mau nglanjutin postingan ane yang terkait tentang FOSS (Free Open Source System) dari lanjutan yang ini nie Bedanya Open Source Software dengan Free Software.

Sekarang kita akan bahas beberapa lisensi yang ada di dalam open source...
Seringnya, ketika kita menginstal sesuatu muncul seperti ini (gambar dibawah merupakan lisensi dari MS OFFICE 2013)


Biasanya, apa yang kita lakukan? Langsung di click accept dan next kan? Padahal sang pembuat software/system operasi selalu menyisipkan lisensi ini agar kita baca SYARAT DAN KETENTUAN dari produk tersebut, kadang didalamnya juga berisi hak cipta dan pelarangan pembajakkan. Namun karena kita kurang peduli jadi, next - next aja deh.

So, ini nie yang namanya lisensi dan mereka terbagi menjadi beberapa seperti berikut ini

GNU General Public Licence (disingkat GNU GPL atau cukup GPL, dalam bahasa indonesia diterjemahkan menjadi l…