Beberapa Hal yang Lo Wajib Tau dari PTIK?

Hai sobat adventura, met sore semua...
Lagi apa kalian semua? Nongkrong bareng ortu atau malah lagi sama pacar?
Hahaha, atau ngelamun aja kayak ikan koki.... Cia... cia.. cia....
Daripada ngelamun to, mending baca deh beberapa hal yang lo wajib tau dari PTIK.

1. PTIK ITU APA SIH?
OSPEK PRODI 2014

PTIK itu bukan sejenis ayam alias PITIK, bukan juga Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian tapi PTIK itu adalah Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yang membuka mahasiswa pertama pada tahun 2012 dan sekarang sudah ada 3 angkatan lo, kita bertempat di bawah naungan UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.

2. LOKASI KAMPUS YANG NGGAK JADI SATU SAMA KAMPUS PUSAT
Kampus dikala sore

Kampus yang agak jauh dari kampus pusat memang salah satu kendala dari mahasiswa PTIK tapi jangan salah lo, disini lu bisa wifian dengan gratis tis tis, walaupun speednya nggak terlalu kenceng - kenceng amat, dibanding kampus pusat sie nurut gue lebih nyaman disini. Apalagi disini nggak seberisik kampus pusat, yang semua rutinitas ada di pusat, disini nyaman buat belajar. Cuma ya itu, kalo ada kegiatan lain di kampus pusat lo harus rela berkendara sejauh kurang lebih 10 KM.

3. SEMUANYA SODARA

Keliatan banget kan kompaknya semua angkatan, mulai dari panitia angkatan 2012 and 2013 sama adik - adik 2014. Karena kita masih tiga angkatan sob, jadi semuanya saling bantu sob, nggak ada tuh yang namanya senioritas kaya macem di kampus - kampus lain yang senioritasnya tinggi.

4. ADA ONDESK
Setelah kamu datang untuk tes kesehatan, ada salah satu kakak dari BEM atau BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA yang akan menjemput kamu ke tempat pemberhentian sementara, abis itu kamu bakalan dijemput sama kakak2 yang bawa papan nama prodi kamu.
So, ikutin aja kakak2nya, kamu nggak bakal nyesel distand PTIK dipastikan kamu makmur, dapet snack, minum and informasi penting soal prodi dan ospek, kakaknya juga baik2 kok, justru bakalan nyemangatin kamu ketika ospek. Satu hal lagi, jika ada kakak2 yang belagu atau sok senior, laporin aja ke kakak yang lain, nggak usah takut, karena memang udah ada pedomannya bahwa di UNS tidak diperbolehkan adanya aksi senioritas.
Malem harinya kamu akan di sms kakak2nya mengenai grup FB and Twitter kita yang pasti official dong ya.
Cari aja di twitter pendidikan teknik informatika UNS atau FB juga ada kok. Em, sengaja enggak di share dsini FBnya, soalnya banyak oknum yang masuk ke group malah buat dagang. Jadi nggak dishare disini tapi bakalan dishare ketika kamu ondesk.

5. OSPEKNYA BANYAK
Mungkin cuma PTIK yang ospeknya paling lengkap sob, dari OSPEK UNIV, OSPEK FAKULTAS, OSPEK JURUSAN, OSPEK PRODI, masih ada juga LDKM sob, nah itu acara wajib buat Mahasiswa Baru Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer sob.

a. OSPEK UNIV
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIeOXgelf0aAPxlSuFQf04dpDnoSyeCxkc0KdS2vV5Lt84FQfIMmoPNKxfPb-WB1kJwhN5sU_IS3q9K-hTxLHbjjI2zqLh-g7nnhpIDd7Xxa57QGt0RNHt6WsIG49RmZgenXYV9wi3_h0/s1600/uns.jpg

Ospek Universitas ini, ospek paling awal buat kamu ketika ingin memasuki babak baru di Universitas sebelas maret. Kamu bakalan dikumpulin di depan rektorat, dateng jam 7 pagi bersama semua mahasiswa UNS dari berbagai fakultas dan disana lumayan panas. Setelah berpanas - panas ria, jika kamu dari FKIP akan digiring menuju auditorium.

b. OSPEK FAKULTAS

Yap ini dia ospek fakultas yang berlangsung selama dua hari, ospek ini akan dijalani setelah kamu menyelesai kan ospek univ, kamu akan digiring menuju auditorium dan merasakan sensasi duduk berjam - jam mendengarkan perkenalan dari berbagai dosen yang mengajar di FKIP, selain itu setiap ospek pasti mengangkat tema sendiri, nah sesuai tema itu nanti akan ada dialog interaktif antara narasumber dengan moderator, setelah itu akan ditutup oleh aksi dari berbagai UKM di FKIP. Oya, udah tau FKIP itu apa? FKIP itu fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Jadi susunan PTIK nie sob kalo ada di makalah atau karya tulis....

PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
PENDIDIKAN TEKNIK DAN KEJURUAN
FAKULTAS PENDIDIKAN DAN ILMU KEGURUAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA

Panjangkan? Nah, kalo ente mau tau maksudnya sob, ente tinggal kesini aje jadi mahasiswa PTIK sob, entar ane kasih tau deh, wkwkwk...

c. OSPEK JURUSAN dan OSPEK PRODI PART 1

Ini dia di hari ketiga dari rangkaian ospek kamu akan diarahkan untuk menuju prodimu masing - masing, namun sebelum dikenalkan prodimu, kamu akan dikenalkan dulu mengenai jurusanmu, bareng kakak - kakak yang baik dari berbagai prodi di jurusan pendidikan teknik dan kejuruan ini. Sebenarnya kenapa ada ospek ini ya supaya kamu bisa kenal dengan prodi tetanggamu seperti PTB (Pendidikan Teknik Bangunan) dan PTM (Pendidikan Teknik Mesin). Setelah itu di hari yang sama setelah kamu mengenal jurusan maka kamu akan dikenal dengan prodimu alias PROGRAM STUDI ya inilah dia PTIK


d. OSPEK JURUSAN PART 2
ospek Jurusan

Kepancar banget kan guys dari wajah bahagia mereka, so ospek disini itu asik, dan lo harus gabung sama kita di PTIK ini guys. Biasanya ospek ini akan berlangsung 1 minggu setelah ospek formal dari kampus yang pake almamater itu. Ospek diatas merupakan Ospek Jurusan, lo bakalan dibawa outbond disekitar jurusan PTK ini, sambil ngenali lo sama area kampus sob.

e. LDKM [LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN MAHASISWA]

Ini yang namanya LDKM sebenernya sih masih lanjutan dari kegiatan ospek prodi part 1, hal ini bakalan kamu laluin berdekatan dengan kegiatan ospek jurusan, entah LDKM dulu atau ospek jurusan dulu.
Difoto kamu liat anak bawa duit, sama bapak2 kan? Nah, asiknya disini ospek gx bayar kok tapi adik2 mahasiwa baru kita ajak untuk berpikir kritis, berpikir untuk berwirausaha, salah satunya sih jualan bolpen, nah dari mereka siapa sih yang paling jago ngejual bolpen dengan hasil tertinggi. Kalo udah dapet uangnya gimana dong? Diambil kakak tingkat?

Hahaha, kejam sekali itu. Uangnya kita balikin ke adik2nya biasanya kakak tingkatnya sih nyaranin buat kasih ke panti atau buat aksi sosial, tapi balik lagi itu kan uang adik2nya, jadi terserah adik2nya. Hehehehe...

Nah itu sekelumit PTIK dari perkenalan mahasiswa baru, sementara ini dulu ye.... besok lanjut lagi soal PTIK pastinya, ketika kamu udah jadi mahasiswa, Salam Adventura... 

Comments