Thursday, February 20, 2014

Apa itu Claroline???

Hai sobat adventura, apa kabar... kalo dilihat dari judul kayaknya aneh nie, kayak judul bakteri gitu ya, hahaha...
Tapi sebenernya clarorine itu adalah sejenis LMS. Eh LMS itu apa sie sebenernya? LMS adalah sebuah aplikasi berbasis software yang free maupun proprietary (berbayar) yang digunakan untuk pembelajaran berbasis online yang lebih aplikatif dibandingkan sistem pembelajaran konvensional. Aplikatifnya kita dapat belajar lewat chat, forum untuk diskusi bahkan mengunggah materi yang dapat dishare untuk siswa kita. Kita bisa pakai facebook kan? Yap betul, tapi facebook kurang kerahasiaanya dibandingkan dengan LMS.
Nah, biasanya nie, kalo di Indonesia terkenalnya kan moodle yang bentuknya kayak gini nie


Tapi sekarang kita akan belajar Claroline.
Claroline adalah LMS yang berasal dari perancis, ya... hampir mirip modle banget sie. Claroline termasuk jenis LMS yang free, user friendly and mudah digunakan.
1. untuk menginstalnya kita download terlebih dahulu Claroline di http://sourceforge.net/projects/claroline/files/latest/download?source=files
2. jika windows pilih yang formatnya .zip tapi kalo linux pilih tar.gz
3. untuk langkah berikutnya digunakan dalam sistem operasi windows
  • extrak file yang sudah didownload tadi bukalah, jika anda sudah memiliki xampp copy pastekanlah file claroline saja di htdock pada xampp anda. jika belum silakan download xamppnya disini
  • setelah itu instal claroline dengan cara ketikkan di alamat url browser anda http://localhost/claroline/claroline/install/
  • kemudian tampilannya jika benar akan seperti ini

Untuk langkah instalasi di next pos ya, makasih.

No comments:

Post a Comment

Tata Cara Daftar S2 di UNS

Hello guys, welcome back to my blog.... yeei... Lama tak jumpa kita, biasa anak sibuk, Wkwkwk :D Nah guys kemaren ada yang bilang gini,...