GIS???



Apa sie itu GIS? GIS adalah geographical Information System yang pertama kali dibuat oleh Roger Tomlison tahun 1967. Semakin berkembangnya GIS kini GIS dapat dditerapkan pada GPS, pelacak kendaraan maupun untuk mengetahui permasalahan - permasalahan sosial seperti sensus penduduk. Bagaimana caranya menerapkan pada GPS? caranya adalah dengan menggunakan sejumlah satelit yang berada di orbit bumi, yang memancarkan sinyalnya ke bumi dan ditangkap oleh sebuah alat penerima. Ada tiga bagian penting dari sistim ini, yaitu bagian kontrol, bagian angkasa, dan bagian pengguna. Untuk lebih jelas baca http://id.wikipedia.org/wiki/GPS. Apa saja software GIS itu? Google Earth yang berguna untuk
  • Pembuatan film
  • Pengimpor data GIS
  • Modul cetak canggih
Bagaimana dengan tool yang lain? Selain google earth piranti untuk membuat GIS juga ada : WebGL dan OpenStreetMap. Bedanya dengan Google Earth adalah secara tampilan untuk OpenStreetMap : memungkinkan Anda untuk melihat, mengedit dan menggunakan data geografis dengan cara kolaboratif dari mana saja di Bumi secara 2D sedangkan untuk WebGL (Web Graphics Library) adalah JavaScript API untuk rendering grafis 3D interaktif dan grafis 2D dalam browser web yang kompatibel tanpa menggunakan plug-in. WebGL terintegrasi sepenuhnya ke semua standar web browser yang memungkinkan penggunaan percepatan GPU fisika dan pengolahan gambar dan efek sebagai bagian dari kanvas halaman web.
Jadi bisa dikatakan WebGL digunakan berbasis web sedangkan OpenStreetMap hanya tampilan Map 2D dan google earth memiliki tampilan dan pengunaan yang lebih kompleks.

File dapat didownload DISINI

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_geografis
http://id.wikipedia.org/wiki/Google_Earth
http://id.wikipedia.org/wiki/WebGL

Comments